Sosialisasi Survei Indeks Budaya Kerja BerAKHLAK

Sepanjang tahun 2021 hingga 2022 telah dilakukan sosialisasi dan internalisasi agar BerAKHLAK menjadi pondasi solid dalam penguatan budaya kerja ASN yang profesional dan berkelas dunia. Di dalam perjalanan tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memandang perlunya monitoring efektivitas proses sosialisasi dan internalisasi BerAKHLAK yang sudah dilakukan. Dengan demikian diperlukan pengukuran dan pemetaan kesehatan budaya kerja melalui survei Indeks BerAKHLAK.

Berdasarkan Surat Kementerian PAN & RB Nomor B/96/S.SM.00.00/2022 Tentang Permohonan Pengisian Survei Budaya Kerja ASN 2022, akan dilaksanakan Survei Indeks BerAKHLAK dalam rangka mengukur keberhasilan implementasi Core Values ASN dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa. Sehubungan dengan hal tersebut, bertempat di Sambernyowo Information Center (SIC) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar, Pemerintah Kabupaten Karanganyar melaksanakan sosialisasi survei indeks budaya kerja BerAKHLAK Aparatur Sipil Negara melalui virtual zoom meeting. Acara sosialisasi ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Sutarno,  didampingi oleh Assisten Umum, Sujarno, Kepala BKPSDM Karanganyar, Suprapto dan Inspektur Daerah Kabupaten Karanganyar, Zulfikar Hadidh, pada hari Kamis (08/09).  

Sosialisasi baik melalui zoom meeting dan melalui Youtuber BKPSDM Karanganyar dihadiri oleh seluruh ASN di Pemerintah Kabupaten Karanganyar ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan budaya organisasi, yakni diantaranya mengenai implementasi Core Values BerAKHLAK, keselarasan antara nilai pribadi dan organisasi, serta aspirasi ASN terhadap kondisi budaya kerja yang ideal. Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Sutarno, menghimbau kepada seluruh ASN untuk (PNS dan PPPK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karanganyar untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan Survei Indeks BerAKHLAK yang berlangsung pada 29 Agustus 2022 hingga 15 Oktober 2022 mendatang.

Kepala BKPSDM, Suprapto, menyampaikan bahwa untuk Kabupaten Karanganyar termasuk tahap pertama dari beberapa tahapan peaksanaan survei indeks BerAKHLAK yang berakhir tanggal 15 Oktober 2022. Oleh karena itu, diharapkan bagi seluruh ASN (PNS dan PPPK) di Pemerintah Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 9230 ASN untuk tidak lupa mengakses Survei tersebut. Adapun survei ini dapat diakses melalui portal yang telah disediakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI yaitu https://sib.menpan.go.id dengan menginput NIP masing-masing dan PIN (WIB001).

Untuk portal pengisian Survei Indeks Budaya Kerja BerAKHLAK bisa diakses melalui link di bawah ini. Login menggunakan NIP (NIPPPK) masing-masing dan PIN Batch WIB001.