Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Formasi Tahun 2021 Kabupaten Karanganyar 

Karanganyar – Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Formasi 2021 Kabupaten Karanganyar dengan Pola Kerjasama antara BPSDMD Provinsi Jawa Tengah dengan Pemerintah Kabupaten Karanganyar dilaksanakan pada Selasa (17/05) secara daring dan luring di Ruang SIC (Sambernyawa Information Center) Dinas komunikasi dan informatika Kabupaten Karanganyar. Acara dibuka oleh Bupati Kabupaten Karanganyar, Juliyatmono yang didampingi oleh Kepala BKPSDM, Suprapto dan Kepala Bidang Informasi dan Pengembangan SDM BKPSDM, Isniari Dewi Murdiyani. Pembukaan Latsar CPNS ini juga dihadiri oleh Sekretaris BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, Andi Suryanto. Dasar pelaksanaan Pelatihan Dasar ini adalah Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 yang menjelaskan bahwa seorang CPNS harus mengikuti pelatihan dasar sebagai syarat untuk diangkat menjadi PNS serta Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar CPNS.

Pelaksanaan pelatihan dasar dilaksanakan dengan sistem blended learning yaitu perpaduan antara daring dan luring. Sebanyak 71 CPNS tersebar di 16 Perangkat Daerah. CPNS golongan III sebanyak 20 orang dan CPNS golongan II sebanyak 51 orang. Persebaran formasi tersebut meliputi RSUD sejumlah 34 CPNS, Dinas Kesehatan 15 CPNS, Dispermades 4 CPNS, Dispertan dan Pangan 3 CPNS, Setda 2 CPNS, BKPSDM 1 CPNS, Disdukcapil 1 CPNS, Disparpora 2 CPNS, DP3APPKB 2 CPNS, Baperlitbang 1 CPNS, BPBD 1 CPNS, DPUPR 1 CPNS, Inspektorat 1 CPNS, DLH 1 CPNS dan Dinsos 1 CPNS.

Dalam pembukaan tersebut, Sekretaris BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, Andi Suryanto menyampaikan bahwa pelatihan dasar CPNS dilaksanakan secara blended learning, ada klasikal dan ada virtual. Goals pertama yang akan dicapai di pelatihan dasar ini yaitu, terbentuknya sikap dasar bela negara dengan mengikuti kegiataan MOOC, dan materi secara virtual zoom (e-learning) yang dipahami dan diaktualisasikan pada saat klasikal. Yang kedua, mengenal, memahami dan mampu mengaktualisasikan nilai-nilai dasar ASN. Dan goals yang ketiga, paham mengenai kedudukan dan peran ASN dalam NKRI.

Bupati Karanganyar juga menyampaikan para ASN dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk Pemerintah Kabupaten Karanganyar dan Bangsa Indonesia. Dapat memahami dan mengaktualisasikan sehingga bisa mendapatkan kehormatan namun bukan menjadi sombong dan angkuh. Para CPNS dapat memahami arti dari pelatihan dasar sesuai dengan slogan ASN BerAKHLAK.