Home / Berita dan Informasi / Berita Kepegawaian / Benchmarking ke Best Practice Peserta Diklatpim Tk. IV Provinsi NTT

Benchmarking ke Best Practice Peserta Diklatpim Tk. IV Provinsi NTT

Benchmarking adalah suatu proses yang biasa digunakan dalam manajemen atau umumnya manajemen strategis, dimana suatu unit/bagian/organisasi mengukur dan membandingkan kinerjanya terhadap aktivitas atau kegiatan serupa unit/bagian/organisasi lain yang sejenis baik secara internal maupun eksternal.

Dari hasil benchmarking, suatu organisasi dapat memperoleh gambaran dalam (insight) mengenai kondisi kinerja organisasi sehingga dapat mengadopsi best practice dari unit/bagian/organisasi lain untuk meraih sasaran yang diinginkan oleh masing-masing peserta. Salah satu kegiatan dalam Diklat Kepemimpinan Tingkat IV adalah Benchmarking ke Best Practice. Kegiatan ini membekali peserta dengan kemampuan mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan organisasi yang memiliki best practice dalam pengelolaan kegiatan.

Pemerintah Kabupaten Karanganyar tepatnya pada hari Senin tanggal 17 Juli 2017 menerima rombongan Benchmarking ke Best Practice Peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XIX Lingkup Pemerintah Kabupaten Se-Nusa Tenggara Timur Tahun 2017. Rombongan Peserta yang berjumlah 49 peserta ini dipimpin langsung oleh Drs. Klemens Meba, M.M. sebagai Kepala BPSDMD Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya Benchmarking ke Best Practice Diklat Kepemiminan Tingkat IV Angkatan XIX, antara lain untuk mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan organisasi yang selanjutnya akan dipakai dalam pengelolaan kegiatan pada Proyek Perubahan yang akan disusun peserta Diklat.

Benchmarking ke Best Practice dilaksanakan dari tanggal 17 Juli 2017s/d 20 Juli 2017 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karanganyar dengan 4 (empat) lokus yaitu :

  1. Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar;
  2. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar;
  3. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Karanganyar; dan
  4. Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Karanganyar.

Pada kesempatan itu juga Kepala BPSDMD Provinsi NTT memperkenalkan anggota rombongan yang terdiri dari Pejabat Eselon IV yang menjadi peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XIX dan beberapa orang pendamping Peserta Diklat.

Drs. Klemens Meba, M.M. mengharapkan bahwa peserta diklat dapat mengambil manfaat dengan diadakannya kegiatan Benchmarking ini sehingga kemudian peserta diklat dapat menyusun dan membuat laporan proyek perubahan yang akan dilaksanakan di Instansi masing-masing.

Sebelumnya Bupati Karanganyar yang diwakili oleh Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, S.P. memberikan sambutan selamat datang dan pengarahan pada acara penerimaan sekaligus pelepasan Peserta Bencmarking ke Best Practice Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XIX Lingkup Pemerintah Kabupaten Se-Nusa Tenggara Timur. Wakil Bupati Karanganyar mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTT yang telah memberi kepercayaan kepada Pemerintah Kabupaten Karanganyar sebagai tempat Benchmarking ke Best Practice. Rohadi Widodo, S.P. juga menyampaikan Gambaran Umum Kabupaten Karanganyar yang berisi diantaranya Keadaan Geografis, Visi dan Misi Kabupaten Karanganyar, Potensi Yang Ada di Kabupaten Karanganyar dan Sumber Daya Aparatur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karanganyar.

Selanjutnya setelah acara penerimaan sekaligus pelepasan, Peserta Diklatpim IV langsung menuju lokasi Bencmarking ke Best Practice sesuai dengan kelompok masing-masing Peserta. [Admin]

About BKPSDM KARANGANYAR